perlengkapan gamelan jawa

Rabu, 25 April 2012

1. gong ( jawa dan daerah-daerah lainnya ) dijawa barat dikenal dengan nama go-ong , gong sangat bervariasi besar kecilnya tetapi cirinya adalah caranya tergantung geyor ( palang / tiang penggantung ) bentuknya adalah : kempul, bende ( merupakan pemberitahuan tentang adanya pengumuman dari kerajaan , pemerintah )
2. saron , jenis gambang logam, kuningan, besi atau perunggu dengan berbagai variasinya : demung , saron penerus , peking .
istilah diberbagai wilayah indonesia berbeda-beda .
3. kenong , sebentuk gong kecil yang diletakkan dengan benjolan diatasnya, tertumpu pada jala tali dengan kotak resonasi / tanpa kotak resonasi .
ketuk adalah sejenis kenong dengan badan yang lebih pipih sehingga suaranya tidak banyak berdengung seperti kenong , alat jenis kenong banyak terdapat diberbagai jenis karawitan dari berbagai wilayah indonesia dan negara-negara asia lainnya.
4. gender , jenis gambang logam dengan tabung resonasi seperti yang terdapat pada marimba, vibraphone dan lain-lainnya , beberapa jenis gender : gender barung , gender panembung : slentem dan berbagai istilah lainnya , bilah-bilah gender merupakan bilah-bilah tipis bila dibandingkan dengan bilah-bilah pada saron , gamelan bali hampir seluruhnya merupakan pasangan berbentuk gender .
5. bonang adalah jajaran sejenis kenong atau ketuk dalam pasangan yang diletakkan diatas jala tali tumpuannya yang dikenal dengan racakan , instrumen sejenis yang banyak dipergunakan dibebagai daerah seperti terompong , celempung dan berbagai istilah lainnya .
5. gong kemada adalah bilah-bilah logam seperti pada gender tetapi memiliki benjolan menyerupai benjolan pada gong , digantung secara mendatar diatas kotak resonasi .

0 comments: