biola ( violine )

Minggu, 22 April 2012

violine mulai dipergunakan orang pada abad 16 pada zaman italia tinggi , violine ditala dalam urutan nada g dl al e2 tetapi pada abad 18 dibuat dengan lilitan perak dan sejak tahun 1920 senar A dan senar E dibuat dari baja .
kebiasaan seorang violis menyetem sebuah biola dengan mengapit biolanya antara dagu dan bahunya tanpa dipegang tangan sebab satu tangan untuk menggesek senar , tangan lainnya untuk mengatur tegangan senar , tumpuan dagu yang diperkenalkan oleh von spohr tahun 1820 di buat dari kayu arang hingga dewasa ini kita mengenalnya dengan warna hitam yang seakan-akan menjadi keharusan .
demikian pula lubang suara berbentuk huruf F pada biola berfungsi sebagai tabung resonasi hingga sekarang tetap dipertahankan .
pembuat biola terkenal pada awal perkembangan biola adalah : andrea amati ( meninggal tahun 1611 ) nikelaus amati ( meninggal tahun 1684 ) antonius stradivara ( meninggal tahun 1737 ) andrea cuarneri ( meninggal tahun 1698 ) guarneri antonio del cesu ( meninggal tahun 1683 ) matthias klotz ( meninggal tahun 1743 ) mereka telah membuat biola sebagai suatu kerajinan tangan yang tinggi mutunya .
penggesek biola seperti sekarang ini adalah yang di ciptakan oleh tourte ( meninggal tahun 1835 ) sedang benang-benang pengeseknya terdiri dari atas 150-250 lembar rambut ekor kuda .
yang termasuk keluarga biola ( keluarga violine )
1. violine piccolo disebut juga violine kecil karena tegangan senarnya ditala dengan urutan cl gl d2 a2 , satu oktaf lebih tinggi dari viola
2. viola ( biola alto ) ditala dengan urutan c g dl al , disebut juga dengan nama viola tenore dalam bahasa jerman dengan istilah bratsche dan dalam bahasa italia viola da braccio
3. viola pomposa sejenis cello atau viola dengan lima senar ( c g dl al dan el ) viola pomposadari abad 18 banyak digunakan dalam karya bach
4.violon cello , ditala dengan nada satu oktaf lebih rendah dibandingkan viola yaitu C G d a pada abad 17 sebuah violoncello dibuat dengan 5-6 senar
5. violone yang sekarang ini kita kenal dengan istilah contrabass dalah instrumen empat senar yang ditala berjarak kwart ( El A1 D G ) contrabass menghasilkan suara lebih rendah satu oktaf dari apa yang ditulis , kadang- kadang ( dahulu ) kita jumpai contrabass dengan lima senar yaitu menambahkan senar C1 yang terasa amat rendah , sehingga contrabass dewasa ini kita kenal dengan empat senar .

0 comments: