piano

Minggu, 22 April 2012

pada tahun 1707 seorang pembuat harpsichord bernama  bartolemeo christofori menciptakan prinsip kerja tali pukul bagi harpsichord yang sebelumnya berperinsip tali petik .
harpsichord di italia disebut cembalo dengan prinsip kerja tali pukul oleh christofori diberi nama gravicembalo col piano e forte sebab kini pukulan palu dapat diatur lembut kerasnya . napas panjang tersebut biasa disebut piano forte , kini lebih umum disebut piano .
komponis-komponis yang berperan dalam pengembangan piano secara teknis adalah : mozart, chopin, schumann dan beethoven .
pada tahun 1777 mozart pernah memuji piano buatan stein dengan beberapa pertimbangan teknis, itulah awal ketenaran piano steinway hingga sekarang ( augburg, 17 oktober 1777  ) pada saat itu mozart berusia 27 tahun , mozart sendiri mengunakan piano spaeth, schumann mengunakan piano khusus dengan 77 bilah nada , beethoven sebelum akhir hayatnya mengunakan piano graf yang di rancang khusus dengan daun-piano terbuka di hadapan pemain sebab pada saat itu beethoven dalam keadaan tuli .
dikalangan musisi sebuah piano dianggap sebagai alat musik terlengkap dan dikenal sebagai alat musik yang mudah menyesuaikan diri , hal ini disebabkan adanya beberapa pertimbangan , antara lain :
a. piano dalam ukuran standard memiliki 88 bilah nada yang tersusun rapi dalam papan nada tampak mata dengan wilayah nada yang menjangkau 71/4 oktaf , suatu jangkauan yang tidak dapat di jangkau oleh alat musik lain
b. piano mempunyai papan resonator yang relatif lebih luas dibandingkan dengan alat musik lain.
papan pengembangan resonasinya berupa rangka besi yang beratnya mencapai puluhan kilogram tertumpu pada sounding-board dari kayu padat dalam ukuran relatif luas dari alat musik lain , tegangan senar logam sangat kencang lebih kencang dari alat musik chordophone dan menghasilkan suara yang khas .
c. piano memiliki mekanisme palu pukul yang mengajak pemainnnya hati-hati dalam memproduksi suara menurut dinamika yang dituntut, diatur lemah lembutnya melalui sentuhan jari serta pengaturan pedal kaki .

0 comments: