timpani

Selasa, 24 April 2012

timpani atau kettle-drum ( inggris ) keluarga drum ( membranophone ) yang tampak anggun penampilannya , diatur pada ketinggian nada tertentu sehingga dapat memungkinkan dapat berbaur dalam formasi orkes sebagai pembentukan akkord dari kompesisi musik yang dimainkan orkes tersebut .
kata tympani berasal dari kata tympanum yang berarti kulit atau membrant yang bergetar, kata tympani adalah jamak , sebutan tunggalnya adalah tympano .
bangsa arab pada perkembangan musiknya telah mengunakan drum yang dianggap pelopor bentuk tympani , begitu pula dengan bangsa cina telah mengenal drum dari rentangan kulit babi pada 3000 tahun sebelum masehi , hand-drum bangsa turki juga berbentuk tympani yang kemudian terkenal dengan drum-tunggangan ( onta dan kuda ) .
bangsa yahudi zaman dulu sudah mengenal instrumen yang sejenis pada zaman raja daud dan sulaiman
karya musik dengan memasukan tympani ke dalamnya di pelopori oleh johann sabastian bach tahun 1729, hingga saat ini bentuk tympani tidak berubah kecuali perbaikan teknik disana-sini dengan permintaan patent para perancang tympani seperti : gerhard kramer di munich pada tahun 1837, C.A barocchi di monza tahun 1840, hundler tahun 1850, hands schnellar di wina tahun 1851, J.C.N stumpf tahun 1851, hendri brod di perancis tahun 1830, gustave lyon di perancis tahun 1897 .
tympani di perancis selalu dibuat dari kuningan sedangkan tympani di jerman dan italia selalu dibuat dari tembaga, penggunaan pedal untuk mengatur nada di pelopori oleh petrich dan queisser dari dresden tahun 1872 .
william f ludwig seorang tympanis pada sympony orchestra menjadi pelopor pembuat tympani di amerika , mencipta berbagai ragam tympani dengan kemudahan-kemudahan pengangkutannya pada saat memindahkannya , berdasarkan pengalaman mengikuti tour di eropa dimana dijumpai tympani buatan pfundt yang digunakan di gedung opera dresden tahin1891,tympani tersebut terbuat dari tembaga dengan bola-bola pemberat dari besi yang menyulitkan cara mengangkutnya , sejak patentnya tahun 1911, ludwig membuat berbagai macam tympani yang kemudian di patentkan

0 comments: